Daftar Harga Geogrid Uniaxial Untuk Pengerasan Tanah

Jual Produk Geogrid | Sekilas membahas seputar diniding penahan tanah. Seperti yang kita ketahui dinding  penahan  tanah  adalah  suatu  konstruksi  yang  berfungsi  untuk menahan tanah lepas atau alami dan mencegah keruntuhan tanah.

Kondisi tanah yang miring atau lereng yang kemantapannya tidak dapat dijamin oleh lereng tanah itu sendiri. Tanah yang tertahan memberikan dorongan secara aktif pada struktur dinding.
jual produk geogrid
jual produk geogrid 

Dengan kondisi tersebut dapat mengakibatkan struktur cenderung akan terguling atau akan tergeser. Dinding penahan tanah adalah suatu konstruksi dinding yang terbuat dari kombinasi antara beton tak bertulang.

Selain itu juga dapat didukung oleh pasangan batu kali. Dalam beberapa kasus, terkadang pada permukaan dindingnya juga dipasangi tulangan beton untuk menghindari terjadinya keretakan akibat perubahan suhu secara drastis. 

Fungsi utama dari dinding/tembok penahan tanah ini yaitu untuk menahan struktur tanah dan mencegah keruntuhan tanah terutama di lokasi yang curam di mana kondisi tanahnya tidak terlalu stabil.


Salah satu jenis dinding penahan tanah adalah DPT tipe krib. Dimana proses pendirian DPT tipe krib dilakukan dengan menyusun balok-balok beton sehingga membentuk konstruksi bangunan penahan tanah yang kokoh. 

Beberapa orang juga kerap membuatnya dengan memakai timbunan tanah yang diperkuat menggunakan material lain seperti geosintetik berupa produk geogrid uniaxial, metal, dan sebagainya. 

Prinsip kerjanya adalah dengan memanfaatkan teori reinforced earth wall. Bangunan dinding penahan tanah berguna untuk menahan tekanan tanah lateral yang ditimbulkan oleh tanah urug atau tanah asli yang labil. 

Dinding penahan tanah banyak digunakan pada proyek-proyek :
  • jalan raya
  • irigasi
  • pelabuhan
  • bangunan ruang bawah tanah (basement)
  • pangkal jembatan (abutment), dll
Kestabilan dinding penahan tanah diperoleh terutama dari :
  • berat sendiri struktur, dan
  • berat tanah yang berada di atas pelat fondasi.
  • Besar dan distribusi tekanan tanah pada dinding penahan tanah, sangat tergantung pada gerakan tanah lateral terhadap DPT.
Saat ini banyak yang jual Geogrid uniaxial yang berfungsi sebagai material penguatan pada sistem konstruksi penahan tanah dan lereng. Sebagi informasi dipasaran banyak yang jual produk geogrid yang terdiri dari:

a. Geogrid Uniaxial, memliki bentuk bukaan tunggal dalam satu segmen. Berfungsi sebagai material perkuatan pada sistem konstruksi dinding penahan tanah dan perkuatan lereng.
b. Geogrid Biaxial, memiliki bentuk bukaan persegi. Berfungsi sebagai stabilisasi tanah dasar pada tanah lunak dengan metode kerja interlocking.
c. Geogrid Triaxial, memiliki bentuk bukaan segitiga. Geogrid ini memiliki fungsi yang hamper sama dengan geogrid biaxial hanya saja metode kerjanya lebih baik. Hal ini dikarenakan bentuk bukaan segitiga sehingga penyebaran beban dapat dilakukan secara merata.

Untuk informasi seputar daftar harga geogrid uniaxial dapat langsung menghubungi tim marketing kami.

Comments

Popular posts from this blog

Informasi Daftar Harga Jual Geomebrane HDPE

Produk Material Geosynthetics